.

.

Sunday, February 15, 2015

Resep Galbi Jjim [Semur Iga Sapi Korea] (Korea)

Galbijjim atau kalbijjim (Korean pronunciation: [kalbitɕ͈im]) adalah makan yang termasuk jjim atau masakan kukus Korea yang terbuat dari galbi (갈비, Iga).



Bahan-bahan

Daging Iga Sapi1 kg
Lobak Putih1 buah
Kentang2 buah
Wortel2 buah
Kurma Kering4 buah
Air12 cangkir
Bawang Bombay1/2 buah
Pear Korea1/2 buah
Kiwi1/2 buah
Bawang Putih3 siung
Jahe1 cm
Kecap Jepang7 sendok makan
Gula Pasir3 sendok makan
Arak Putih2 sendok makan
Lada (Merica)1/2 sendok teh
Minyak Wijen1 sendok makan
Wijen2 sendok teh
Bawang Bombay1/2 buah
Daun Bawang1 batang
Bawang Putih6 siung
Bay leaf2 helai

Cara membuat

1
Potong-potong daging iga sesuai dengan ruas tulang sehingga setiap tulang terpisah satu sama lainnya. Rendam daging iga dalam air bersuhu ruangan selama 1 jam untuk membersihkan daging dari darah. Ganti air 2-3 kali selama proses. Setelah 1 jam tiriskan.

2
Masak 6 gelas air dalam panci hingga mendidih. Masukkan daging iga dan rebus selama 5 menit. Anda akan melihat 'kotoran' mengapung selama proses perebusan daging. Setelah 5 menit, matikan api. Buang air rebusan. Cuci bersih daging iga sapi dengan air.

3
Masukkan kembali daging ke dalam panci yang sudah dicuci bersih. Tuang 6 gelas (cups) air beserta bahan bumbu sop (bawang bombay, daun bawang, bawang putih, bayleaf). Didihkan dengan api besar. Setelah mendidih, kecilkan api sampai paling kecil (sop tidak berbuih-buih mendidih). Masak dengan api kecil selama 30 menit.

4
Angkat daging iga dari sop. Kemudian saring sop untuk mengambil airnya saja. Buang bahan bumbu lainnya. Taruh sop dalam wadah dan dinginkan. Jika Anda tidak keberatan dengan kandungan lemak yang tinggi, sup bisa langsung dipakai untuk proses selanjutnya. Jika Anda ingin mendapatkan hidangan sehat dengan kandungan lemak yang rendah, luangkan waktu Anda untuk mendinginkan sop iga. Setelah sop mencapai suhu ruangan, masukkan sop dalam lemari es (bukan freezer). Dalam suhu dingin, lemak akan mengapung dan membeku lebih cepat daripada air. Buang bagian lemak yang membeku.

5
Gunakan blender untuk menghaluskan bawang bombay, pear korea, kiwi, bawang putih dan jahe. Hancurkan sampai halus berbentuk puree. Taruh puree dalam mangkuk, masukkan kecap Jepang, gula pasir, arak putih, lada dan minyak wijen. Aduk sampai rata.

6
Tuang bumbu, sop dan daging dalam panci. Didihkan dahulu kemudian kecilkan api, masak dengan api kecil selama 30 menit dengan panci tertutup.

7
Masukkan wortel, kentang, lobak dan kurma. Tetap masak dengan api kecil selama 45-60 menit atau hingga kuah hampir habis dan mengental. Taburkan wijen yang sudah dipanggang. Hidangkan langsung dengan nasi hangat.


sumber : https://dapurmasak.com/resep/galbi-jjim-semur-iga-sapi-korea-3170?ref=search_result 

No comments:

Post a Comment